Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

DPR Siapkan Jurus Mengurangi Sampah Plastik

Nasional Tumpukan Sampah Plastik
Candra Yuri Nuralam • 20 Maret 2019 13:36
Jakarta: Minggu lalu Menteri Urusan Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memanfaatkan waktu jeda sidang DPR untuk mengimbau bahaya limbah plastik. Imbauan itu juga diunggah dalam akun media sosial Instagram pribadinya.
 
Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) merespon dengan positif. DPR sudah menyiapkan jurus untuk mengurangi sampah plastik.
 
"Kami sudah menyetujui permintaan anggaran dari pemerintah sebesar Rp10 triliun untuk penanggulangan program migrasi dari penggunaan plastik ke nonplastik," kata Bamsoet di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Bamsoet pengurangan sampah plastik butuh kesadaran setiap daerah. Jika berhasil, kata Bamsoet, program ini bisa menghemat banyak anggaran dan juga memperbaiki ekosistem.
 
"Tentu didorong ke daerah-daerah yang memiliki program daur ulang atau menghilangkan penggunaan plastik dapat menggunakan dana insentif daerah Rp10 triliun," ujar Bamsoet.
 
Bamsoet mengatakan DPR sudah menyiapkan dana yang akan diberikan ke masing-masing daerah untuk program ini. Saat ini, lanjutnya, hanya tinggal menunggu pelaksanaan saja.
 
"Bantuan kami yang sudah riil dalam hal legislasi yaitu memberikan Rp10 triliun untuk penanggulangan plastik daerah yang mempunyai program pengganti plastik atau daur ulang," tutur Bamsoet.
 
Baca: KLHK Berikrar Lenyapkan Sampah Plastik
 
Sebelumnya, Susi Pudjiastuti memposting video dirinya sedang memberitahu dampak dari bahaya limbah plastik. DPR diminta menjadi contoh pertama mengurangi limbah plastik.
 
"Dalam rapat DPR saya memanfaatkan waktu jeda sidang untuk mengimbau tentang penggunaan plastik sekali pakai karena Pemerintah perlu menjadi contoh yang baik dan menjadi panutan bagi masyarakat Indonesia untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam setiap pertemuan," tulis Susi Pudjiastuti dalam instragram pribadinya.
 
Susi juga meminta penggunaan botol plastik di gedung DPR dikurangi. Sampah plastik saat rapat, lanjutnya, tergolong banyak.
 
"Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan Katakan tidak pada plastik sekali pakai seperti botol, sedotan, kemasan lainnya. Mari kita mulai dari sekarang," tutur Susi.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif