Warga melintasi tumpukan sampah plastik yang terbawa oleh banjir rob kampung nelayan Muara Angke, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.
Warga melintasi tumpukan sampah plastik yang terbawa oleh banjir rob kampung nelayan Muara Angke, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.

KLHK Berikrar Lenyapkan Sampah Plastik

Nasional Tumpukan Sampah Plastik
Theofilus Ifan Sucipto • 01 Februari 2019 13:52
Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memastikan pemerintah berikrar mengurangi sampah plastik. Pemerintah terus berkampanye demi membersihkan lingkungan dari sampah yang sulit diurai tanah itu.
 
"Pemerintah sudah berkomitmen mengurangi sampah laut terutama dari plastik sampai 70 persen hingga tahun 2025," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Sigit Reliantoro kepada Medcom.id, Jumat 1 Februari 2019.
 
Menurut dia, isu ini juga terus disuarakan pemerintah dalam pertemuan internasional. Salah satu contohnya, pada November 2018, KLHK mengadakan pertemuan internasional di Bali yang dihadiri 108 negara untuk membahas sampah plastik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dalam waktu dekat, KLHK juga akan mengikuti pertemuan dengan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) di Nairobi, Kenya. Masalah sampah plastik pun akan disuarakan.
 
Baca: Di Karimunjawa, Sampah Plastik Diolah Jadi Solar
 
Sementara itu, di dalam negeri, KLHK sedang menyusun peta jalan (road map) untuk mewujudkan target mengurangi sampah plastik hingga 70 persen. Pemerintah daerah bakal dilibatkan dalam menyusun rencana ini.
 
"Kami juga melakukan pendampingan dengan pemerintah daerah untuk menyusun peta jalan untuk pencapaian target tersebut," pungkas Sigit.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif