Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie

PSI Jangan Jadi Pahlawan Kesiangan

Nasional partai nasdem partai solidaritas indonesia
Arga sumantri • 12 Maret 2019 22:35
Jakarta: Garda Pemuda (GP) Partai NasDem meminta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak menjadi pahlawan kesiangan. Hal ini merespons pidato Ketua Umum PSI Grace Natalie yang terkesan menyerang partai nasionalis lain dengan menganggap mereka diam terhadap kasus-kasus intoleransi dan diskriminasi.
 
"Sebagai sesama kaum muda yang peduli terhadap masa depan republik ini, PSI tidak seharusnya mengklaim layaknya pahlawan kesiangan yang telah melakukan semuanya itu," kata Wakil Ketua Umum GP NasDem Ivanhoe Semen di Jakarta, Selasa, 12 Maret 2019.
 
Ivanhoe mengatakan, banyak kader NasDem yang juga telah melakukan kerja kemanusiaan seperti apa yg dilakukan oleh PSI. Tetapi, NasDem tidak pernah secara sepihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena mungkin banyak juga partai lain yang melakukannya tanpa melakukan publikasi dan sorotan media, tetapi hasilnya dirasakan langsung oleh yang bersangkutan," ujarnya.
 
Ivanhoe mengambil contoh sikap salah satu kader NasDem Birgaldo Sinaga. Birgaldo sempat membela tersangka kasus penistaan agama di Sumatera Utara (Sumut), Meiliana.
 
Melalui tulisannya, Birgaldo juga menggalang dana untuk memastikan anak-anak Meiliana tetap melanjutkan pendidikan. Hal ini dilakukan Birgaldo di bawah koordinasi pimpinan Partai NasDem.
 
(Baca: Politikus NasDem Sebut Ketum PSI Arogan)
 
NasDem juga mengambil sikap soal surat keputusan bersama (SKB) tiga Menteri dan Rancangan Undang-undang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. "Sebagai kader NasDem dan seorang Kristiani, saya tahu persis apa yang diperjuangkan oleh Partai NasDem terkait hal itu," tambah Ivanhoe.
 
Ivanhoe menegaskan, PSI bukan satu-satunya partai yang tak mengusung calon anggota legislatif (Caleg) eks koruptor. NasDem juga merupakan partai yang bersih dari caleg eks narapidana korupsi di Pileg 2019.
 
Bahkan, lanjut dia, NasDem adalah pelopor partai anti mahar politik dalam proses penjaringan calon kepala daerah dan calon anggota legislatif. Bila tak percaya, Ivanhoe mempersilakan PSI menanyakan langsung sikap politik anti mahar itu kepada kepala daerah dan caleg-caleg yang diusung NasDem.
 
Ivanhoe tak masalah bila Grace ingin bermanuver untuk menarik simpati rakyat. Namun, ia berharap PSI tak merasa paling hebat dan ogah mengakui prestasi partai lain.
 
"Ketua Umum NasDem, Bapak Surya Paloh, selalu berpesan kepada kami untuk senantiasa berkompetisi dalam harmoni," tutup Ivanhoe.
 
Sebelumnya, Grace Natalie menganggap partai yang dipimpinnya berbeda dengan partai nasionalis lain. Partai nasionalis lain menurut Grace lebih banyak diam terkait kasus-kasus intoleransi dan diskriminasi belakangan ini.
 
"Sedang apa kalian ketika 13 Januari lalu terjadi persekusi atas jemaat GBI Philadelpia yang sedang beribadah di Labuhan Medan? Kenapa hanya PSI yang memprotes? Mana suara Partai Nasionalis lain ketika pada 17 Desember, nisan kayu salib dipotong dan prosesi doa kematian seorang warga Katolik ditolak massa. Cuma Sekjen PSI yang menyampaikan kecaman!" kata Grace dalam pidatonya di Medan, Senin, 11 Maret 2019.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif