Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bertolak ke Afghanistan. Foto: Biro Pers Setpres.
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bertolak ke Afghanistan. Foto: Biro Pers Setpres.

Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Akan Punah

Nasional Pidato Kenegaraan 2019
Damar Iradat • 16 Agustus 2019 09:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo yakin Indonesia terus berdiri kokoh. Persatuan bangsa dipastikan berlanjut selama-lamanya.
 
"Rumah besar kita tidak akan runtuh, tidak akan ambruk, dan tidak akan punah, tetapi justru berdiri tegak. Bukan hanya untuk 100 tahun, 500 tahun, tapi untuk selama-lamanya," tegas Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Menurut dia, Indonesia kuat menghadapi segala tantangan dan terpaan badai sejarah salama 74 tahun kemerdekaan. Kokohnya Indonesia karena memiliki Pancasila sebagai fondasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pancasila adalah dasar negara, bintang penjuru, sekaligus pemersatu kita semua," ungkap dia.
 
Pancasila, jelas dia, menjadi rumah masyarakat untuk hidup rukun tanpa dibeda-bedakan latar belakang agama, asal usul suku, ras, maupun golongan. Indonesia menjadi tempat nyaman untuk semua orang.
 
Baca: Hari Ini Jokowi Sampaikan Nota Keuangan dan RUU APBN 2020
 
Dia menegaskan perbedaan bukanlah penghalang untuk bersatu. Indonesia justru menemukan energi mahadahsyat menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan tetesan keringat demi kemajuan bersama.
 
"Dalam rumah besar ini, semua anak bangsa bisa berkarya, bisa bergerak, dan bisa berjuang untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita bersama," jelas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif