Pernyataan sikap pendukung Prabowo yang berakhir ricuh. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Pernyataan sikap pendukung Prabowo yang berakhir ricuh. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Pernyataan Sikap Pendukung Prabowo Berakhir Ricuh

Nasional pilpres 2019
Candra Yuri Nuralam • 02 Juli 2019 16:36
Jakarta: Relawan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ricuh lantaran pernyataan sikap. Konflik dilatarbelakangi perbedaan sikap antara penyelenggara dan peserta acara.
 
Awalnya, para relawan dengan khusyuk membaca pernyataan sikap dengan seksama. Mereka membacakan pernyataan dipimpin moderator.
 
Dalam pernyataannya, mereka menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Relawan Prabowo-Sandi juga menerima Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden terpilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para relawan sejatinya tak sadar dengan ucapan itu. Usai pembacaan sikap, mereka baru mengamuk meminta pernyataan dicabut.
 
"Itu siapa yang buat? Siapa yang tanggung jawab? Saya tidak sudi! Saya tidak terima! Kita dijebak!" kata seorang relawan sembari berteriak di D Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Juli 2019.
 
Mereka merasa acara ini sebagai jebakan politik. Salah seorang relawan, Gus Ali, mengatakan acara itu berlangsung dengan tiba-tiba.
 
Baca: Jokowi Akan Bertemu Tim Pemenangan
 
"Kami mendapat broadcast undangan. Saya sudah curiga. Saya menanyakan kepada panitia siapa penanggungjawabnya. Tidak ada yang berani, saling lempar tanggung jawab," ujar Gus Ali.
 
Ali menduga acara itu dibuat elite politik dari kubu Prabowo. Kendati demikian, dia tidak mengetahui dari siapa. Jika memang pernyataan itu dibuat elite kubu Prabowo, Ali akan komplain.
 
"Kami bukan mendukung Prabowo! Tapi kami ingin adanya perubahan! Jika seperti itu, kami hanya dijadikan alat politik! Kami tidak terima," ujar Gus Ali.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif