3 Heli Apache Segera Mendarat di Indonesia
Prajurit Korps Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) berada di atas helikopter AH-64 Apache, di Markas Skadron 11/Serbu Penerbad Semarang, Jawa Tengah. Foto: Antara/R Rekotomo.
Jakarta: Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskom) Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Totok Sugiharto mengatakan Indonesia akan kedatangan tiga helikopter. Heli pabrikan Amerika Serikat itu tiba 13 Mei 2018. 

"Apache akan datang bulan ini," kata Totok di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor, Jakarta Pusat, Senin, 30 April 2018. 

Apabila ketiga helikopter tiba, kata Totok, jumlah helikopter yang dimiliki Indonesia sebanyak lima unit. "(Heli ada) di Semarang di (Pangkalan Udara) Ahmad Yani," imbuhnya.


Totok memaparkan bahwa kelimanya akan digunakan sebagai alat utama sistem persenjataan milik TNI Angkatan Darat (TNI AD). Di sisi lain, pertahanan udara Indonesia juga sudah dilengkapi dengan jet tempur F16. 

Baca: Kapal Selam Ardadedali-404 Dilengkapi Torpedo 533 mm

"Pesawat F16 semuanya juga sudah tiba di Indonesia, kalau tidak ada perubahan, 14 Mei akan diterima Kemenhan di Semarang," jelas dia.

Sebelumnya, Indonesia memiliki dua helikopter yang didatangkan pada Maret 2018. Keduanya ditempatkan di Pusat Penerbangan TNI AD, Lanud Ahmad Yani, Semarang. Untuk pesawat, Indonesia mendatangkan 24 pesawat F16 pada Februari 2018. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id