Pengamat politik Arif Nurul Imam. Istimewa
Pengamat politik Arif Nurul Imam. Istimewa

Elektabilitas Anies dan Ganjar Tinggi, Namun Dinilai Rawan Tergerus

Nasional capres Prabowo Subianto Pilpres Anies Baswedan Ganjar Pranowo Pemilu 2024
Al Abrar • 30 April 2022 18:17
Jakarta: Kontestasi pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menyisakan 2 tahun kedepan. Berbagai lembaga survei telah mengeluarkan kandidat terkuat Capres-Cawapres 2024.
 
Tak terkecuali Survey and Polling Indonesia (SPIN) yang merilis tiga nama calon presiden (capres) yang memiliki elektabilitas tinggi yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 
 
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul dalam simulasi 21 nama capres 2024 berdasarkan hasil survei nasional Indikator Publik Nasional (IPN) yang diumumkan Rabu 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Survei ini menjadi gambaran bahwa ada tiga nama potensial, dan yang paling potensial Prabowo Subianto karena memiliki elektabilitas tinggi," ujar pengamat politik Arif Nurul Imam ketika dihubungi, Sabtu, 30 April 2022. 
 
Baca: Pilpres 2024, Indonesia Butuh Sosok Pemersatu
 
Selain itu dari data survei ini, juga memotret pada loyalitas pemilih di mana tokoh elit partai menjadi pilihan dan memiliki loyalitas yang lebih tinggi dibandingkan tokoh non parpol. "Ini bisa jadi sinyalemen bahwa tokoh nonparpol kurang didukung karena tiket maju juga belum ada kepastian, sementara elit partai hampir pasti mendapatkan tiket," tutur Arif. 
 
Menurut Arif, pendukung Anies dan Ganjar masih rawan tergerus karena merupakan jenis pemilih yang masih bisa bergeser. Ini karena keraguan terhadap tiket pencalonan dalam laga Pilpres.
 
"Karena itu, meski elektabilitas Prabowo dan elektabilitas Anies, dan Sandi terus naik, namun elektabilitas Prabowo jauh lebih mapan karena pendukungnya loyal atau dalam bahasa survey pemilih mantab, " kata Arif. 
 
Sebagaimana dikelatahui release IPN menyebutkan Prabowo memperoleh 26,9% disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 16,8%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,3% secara bergantian pada posisi kedua dan ketiga.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif