Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. Pribadi
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. Pribadi

Generasi Muda Diharapkan Ubah Persepsi Lembaga Legislatif Jadi Lebih Baik

Nasional MPR generasi milenial DPR RI Lestari Moerdijat Generasi Muda
Anggi Tondi Martaon • 31 Oktober 2021 23:00
Jakarta: Upaya mengubah persepsi lembaga legislatif agar menjadi lebih baik harus dilakukan dari dalam. Dibutuhkan anggota dewan yang memiliki kompetensi dan hati nurani.
 
Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) saat menjadi narasumber dalam 'Training Legislative Membangun Legislator Muda Berkualitas dan Berintegritas', secara daring di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan, Bandung, Jawa Barat.
 
"Perlu partisipasi aktif orang-orang muda yang memiliki kompetensi dan hati nurani untuk mempersiapkan diri masuk ke lembaga legislatif dalam rangka memperbaiki citra lembaga tersebut," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Minggu, 31 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai NasDem itu mengakui persepsi publik terhadap partai politik dan lembaga legislatif sangat mengkhawatirkan. Menurut dia, semua pihak harus memperbaiki persepsi publik tersebut.
 
"Lewat peningkatan realisasi tugas dan fungsi lembaga yang berisi para wakil rakyat itu," ungkap dia.
 
Menurut Rerie, lembaga legislatif harus mampu menyerap berbagai aspirasi publik. Mereka juga harus berupaya merealisasikan lewat tugas dan fungsi yang diamanatkan konstitusi.
 
"Untuk menyerap dan mendorong aspirasi masyarakat itu, DPR dan DPRD harus diisi dengan para wakil rakyat yang memiliki kompetensi dan hati nurani," sebut dia.
 
Baca: Perbaikan Pengelolaan Museum Perlu Dukungan Semua Pihak
 
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa menyampaikan tugas dan fungsinya sebagai legislator. Dia menyampaikan salah satu hal yang harus dimiliki anggota dewan, yaitu reputasi.
 
"Karena di dalam reputasi itu juga terkandung integritas, faktor yang wajib dimiliki sebagai legislator," kata Saan.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif