Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa.
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa.

Perbaikan Pengelolaan Museum Perlu Dukungan Semua Pihak

Nasional museum Lestari Moerdijat Nilai Kebangsaan Pengelolaan Museum
Kautsar Widya Prabowo • 27 Oktober 2021 23:49
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan museum memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, pengelolaannya masih banyak kendala.  
 
Lestari menilai perlu dukungan semua pihak untuk memperbaiki pengelolaan museum di Tanah Air. Pengelolaan museum harus ditempatkan sebagai bagian dari upaya membangkitkan nilai-nilai kebangsaan.
 
"Biasanya bangsa-bangsa yang maju memiliki data sejarah yang terkoleksi dan terarsip dengan baik, sehingga dapat dipelajari secara komperhensif untuk menjadi dasar kajian yang bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi tantangan di masa datang," ujar Lestari saat membuka diskusi daring bertema Tata Kelola Permuseuman Nasional yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 27 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan masukan dari para pegiat budaya, ungkap Rerie sapan akrab Lestari, masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam pengelolaan museum di Indonesia. Mulai dari manajemen koleksi hingga marketing dan operasional museum.
 
"Harus menjadi perhatian bersama dalam upaya merestorasi pola pengelolaan museum di Tanah Air," jelasnya.
 
Baca: Hari Museum Nasional: Bersama Museum Membangun Ketangguhan Bangsa
 
Pelaksana Tugas Kepala Museum Nasional, Sri Hartini, sependapat terkait perbaikan aspek kelembagaan untuk merestorasi pengelolaan museum menjadi lebih baik. Dia mengungkapkan sejak Maret 2021, pengelolaan Museum Nasional berbentuk Badan Layanan Umum (BLU).
 
Dengan kelembagaan baru itu, dia berharap pengelolaan Museum Nasional dapat lebih dinamis dan optimal. Dia mengatakan kemitraan erat antara pemangku kepentingan dalam pengelolaan museum sangat penting untuk menghidupkan berbagai peran yang dimiliki museum.
 
"Ada banyak nilai yang bisa dihadirkan di museum, sehingga masyarakat bisa belajar tentang bagaimana kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas Sri.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif