Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. MI/Sunarso
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa. MI/Sunarso

Nama Ibu Kota Negara 'Nusantara' Dipilih dari 80 Nama yang Masuk

Nasional Bappenas Ibu Kota Baru Pansus RUU Ibu Kota Negara RUU Ibu Kota Baru
Kautsar Widya Prabowo • 17 Januari 2022 15:38
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan pemilihan nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara (IKN) melalui jalan panjang. Nama yang dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dipilih dari puluhan nama.
 
"Ada sekitar 80an (nama) lebih tetapi kemudian akhirnya dipilih kata Nusantara, tanpa kata jaya," ujar Suharso dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 17 Januari 2022.
 
Suharso menyebut beberapa nama diserahkan ke Presiden. Antara lain, Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusajaya, Pertiwipura, Waanapura, Cakrawalapura, Kertanegara, dan lain-lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami panggil para ahli bahasa, ahli sejarah, kemudian mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami, para pakar itu, untuk memilih kata-kata yang paling tepat," beber dia.
 
Berdasarkan keterangan ahli kata Nusantara sudah dikenal sejak lampau. Selain itu, kata tersebut sudah melekat pada Indonesia dan telah dikenal di kancah internasional.
 
"Mudah-mudahan dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," tutur dia.
 
Baca: Ini Nama Pilihan Jokowi untuk Ibu Kota Negara
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif