Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id

Lestari Moerdijat: Stakeholder Mesti Konsisten Melindungi Rakyat

M Sholahadhin Azhar • 23 Januari 2022 20:15
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) meminta pemangku kepentingan atau stakeholder, konsisten melindungi rakyat. Khususnya, dari kekerasan seksual dan pandemi covid-19.
 
"Di tengah maraknya tindak kekerasan seksual dan meningkatnya kasus positif covid-19 di Tanah Air dewasa ini, para pemangku kepentingan perlu memberi perhatian serius terhadap kelompok rentan yang terdampak sejumlah peristiwa saat ini," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Minggu, 23 Januari 2022.
 
Menurut Rerie, saat ini merupakan kondisi yang sulit bagi masyarakat. Ancaman tindak kekerasan seksual dan penyebaran varian Omicron harus dihadapi bersamaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan komitmen pimpinan DPR mempercepat proses legislasi Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) mesti dikawal. Sebab, proses administrasi legislasi RUU TPKS terkesan dilakukan seperti biasa, sehingga tahapan pembahasan lanjutan bersama Pemerintah belum bisa segera dimulai. 
 
Baca: Semua Pihak Diminta Kawal Percepatan Proses Legislasi RUU TPKS
 
Rerie juga mengkritik upaya pengendalian covid-19 di Tanah Air. Para pemangku kepentingan juga menghadapi tantangan dalam hal konsistensi. 
 
Dia ingin imbauan tak ke luar negeri kepada masyarakat juga didukung kebijakan lain. Misalnya, mengadang warga dari luar negeri ke Tanah Air, khususnya dari negara dengan ledakan kasus covid-19.
 
Saat ini, dia menyebut ada ledakan kasus covid-19 di Indonesia terus berlanjut. Bahkan, ada pasien covid-19 Omicron yang meninggal dunia. Kelompok rentan terdampak covid-19 dan tindak kekerasan seksual, seperti perempuan dan anak, kelompok minoritas, serta warga yang memiliki komorbid, tegasnya, harus segera mendapatkan kepastian perlindungan. 
 
Menurut Rerie, konsistensi para pemangku kepentingan merupakan hal yang sangat penting saat ini agar komitmen yang dicanangkan sejumlah pihak dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan. 
 
Masyarakat, tegas Rerie, memerlukan perlindungan yang segera dari berbagai dampak peristiwa yang terjadi dewasa ini. Menurut Rerie, kewajiban para pemangku kepentingan untuk melindungi setiap warga negara adalah komitmen yang mulia, jangan sampai tertunda, apalagi diabaikan karena kepentingan sesaat. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif