Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. MI/Rommy Pujianto
Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. MI/Rommy Pujianto

Kemendagri Kebut Pembahasan Daftar Pemilih di 3 Provinsi Baru Papua

Sri Utami • 29 Juni 2022 13:47
Jakarta: DPR akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemekaran Provinsi Papua pada 30 Juni 2022. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang membahas daftar pemilih di tiga provinsi baru itu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Sekarang sedang kami bahas bersama agar bisa dijalankan pemilu nanti," ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh saat dihubungi, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Dia mengatakan setelah tiga provinsi baru disepakati, pemerintah bekerja cepat menyiapkan segala sesuatunya untuk provinsi baru tersebut, khususnya dalam melaksanakan Pemilu 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Penataan Daerah, Otsus, dan DPOD Kemendagri Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan pembahasan ini akan akan berlangsung cukup lama karena butuh kecermatan. Data yang dari Kemendagri akan dilakukan penyesuaian.
 
"Akan dilakukan penyesuaian," ucap dia.
 

Baca: Penempatan Kabupaten Puncak Jaya Masuk DOB Provinsi Papua Tengah Dinilai Keliru


 
DPR, DPD, dan pemerintah telah menyepakati pemekaran tiga daerah di Papua menjadi provinsi, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Setelah disetujui, beleid RUU daerah otonomi baru (DOB) tersebut akan dibawa dalam Rapat Paripurna DPR.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif