Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Ingin Perguruan Tinggi Lahirkan Mahasiswa Unggul dan Utuh

Nasional Jokowi pancasila Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Mahasiswa
Andhika Prasetyo • 15 September 2021 00:03
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin perguruan tinggi melahirkan mahasiswa yang unggul dan utuh. Sehingga, memiliki jasmani dan rohani yang sehat, serta budi pekerti dan visi kebangsaan yang baik.
 
"Karena kalau tidak tercapai, terbawa ke mana-mana anak-anak kita nantinya. Sekali lagi, sehat jasmani, sehat rohani, budi pekertinya baik, kebangsaannya baik," kata Jokowi seperti dikutip dari Media Indonesia, Selasa, 14 September 2021.
 
Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, hal tersebut merupakan tugas yang berat dan harus dilakukan Perguruan Tinggi. Jokowi mengingatkan seluruh rektor supaya tak hanya mendidik mahasiswa di kampus.
 
Jokowi meminta pendidikan di luar kampus juga dilakukan. Sehingga, pendidikan berjalan menyeluruh dan menyentuh moral mahasiswa.
 
"Di luar kampus pun menjadi tugas rektor dan seluruh jajarannya. Hati-hati. Di dalam kampus dididik mengenai budi pekerti, di luar kampus tidak ada yang mendidik, jadi pecandu narkoba," kata dia.
 
Baca: Kronologi Penangkapan 10 Mahasiswa UNS Pembentang Poster 'Sambut' Jokowi
 
Dia menegaskan hal tersebut jadi pekerjaan rumah jajaran perguruan tinggi. Termasuk, menanamkan nilai Pancasila di luar kampus.
 
"Nah, untuk apa kita kalau tidak bisa menjangkau ke sana? Di dalam kampus dididik mengenai Pancasila, kebangsaan, tapi di luar kampus ada yang mendidik mahasiswa kita jadi ekstremis garis keras, jadi radikalis garis keras," kata Jokowi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif