Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah
Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah

Komisi IX Akan Minta Kemenkes Memaparkan Efektivitas Ganja untuk Medis

Anggi Tondi Martaon • 21 Juli 2022 17:59
Jakarta: Komisi IX akan memanggil Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pemanggilan itu dilakukan terkait penelitian ganja untuk medis.
 
"Nanti kita panggil Kemenkes untuk memaparkan lebih komprehensif sejauh mana risetnya mengenai ganja medis ini," kata anggota Komisi IX DPR Nurhadi saat dihubungi, Kamis, 21 Juli 2022.
 
Politikus Partai NasDem itu menyampaikan pertimbangan mengenai rencana legalisasi ganja medis di Indonesia memang masih perlu pembahasan lebih lanjut. Pembahasan tersebut bertujuan untuk melihat manfaat dan mudarat ganja untuk medis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita masih menunggu paparan lengkap tentang hasil riset ganja medis dari Kemenkes tentu juga berbagai masukan dari stakeholders termasuk dari ulama mengenai hukum penggunaan ganja untuk keperluan medis dikala darurat itu seperti apa?" kata dia.
 

Baca: Pemerintah dan DPR Diminta Merespons Putusan MK Terkait Ganja Medis


Menurut dia, rencana legalisasi ganja medis tidak boleh dilakukan secara terburu-buru. Pembuat aturan harus melihat berbagai aspek rencana legalisasi ganja untuk medis, mulai dari kesehatan, agama, hingga penegakan hukum.
 
"Kita ingin berjalan cepat, tapi juga tidak mau terburu-buru. Kita berharap hasilnya nanti bisa berjalan efektif dan tidak berpotensi terjadi penyalahgunaan wewenang dari regulasi yang ditetapkan," ujar dia.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif