Anggota Ombusdman Adrianus Meliala. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Anggota Ombusdman Adrianus Meliala. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Pelayanan hingga Toilet Lembaga Negara Disurvei Ombudsman

Nasional ombudsman pelayanan publik
Ilham Pratama Putra • 27 November 2019 10:50
Jakarta: Ombudsman menyurvei tingkat kepatuhan pelayanan publik sepanjang 2019. Fasilitas di lembaga pemerintahan dari tingkat kementerian hingga pemerintah daerah (pemda) tingkat II dikuliti.
 
"Misalnya ketika kita datang ke Kemlu (Kementerian Luar Negeri) mau ngurus visa paspor, ada enggak ruang tamu, ada enggak WC, ada enggak ruang laktasi, ada enggak ruang hambatan kalau kita difabel? Ada enggak jembatan untuk naik ke atas kalau kita pake kursi roda," kata anggota Ombusdman Adrianus Meliala di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.
 
Menurut dia, standar pelayanan memang harus diawasi ketat sesuai ketetapan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kelengkapan pelayanan, kata dia, boleh saja dikatakan remeh, tetapi tetap menjadi faktor penunjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penilaian lembaga negara akan dikompilasi dengan pelayanan yang sifatnya administratif oleh Ombudsman. Nantinya, pelayanan lembaga negara ini akan dimasukkan dalam tiga kategori.
 
"Dapat angka yang kami kaitkan dengan zona merah, kuning, hijau. Kalau masuk zona tertentu, zona hijau, predikat tertinggi begitu," jelas dia.
 
Pada penilaian di periode Mei-Juli 2018 di seluruh Indonesia, kementerian yang mendapatkan predikat zona hijau meliputi Kementerian Pertahanan; Kementerian Keuangan; Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.Lembaga negara yang mendapat predikat zona hijau hanya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
 
Hanya 10 dari daerah yang dinilai mendapat predikat zona hijau. Pada tingkat kabupaten dan kota, dari 155 wilayah, hanya 63 kabupaten dan 18 kota yang mendapat predikat zona hijau.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif