Jokowi Unggul di Pulau Jawa
Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.
Jakarta: Presiden Joko Widodo dinilai masih unggul di Pulau Jawa jika Pilpres digelar hari ini. Wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menjadi kantung suara Jokowi.
 
Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan Jokowi hanya kalah di wilayah Banten oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
 
"Survei ini terbuka, jadi kalau terbuka itu tanpa memberikan nama siapa yang mau dipilih. Jadi ini spontan dari masyarakat," kata Yunarto dalam diskusi di Hotel Haris, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu, 6 Mei 2018.
 
Yunarto menjelaskan pengumpulan data dilakukan pada 23-29 Mei 2018 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Baca: JK Sebut Pertemuan Amien-Prabowo-Rizieq Politik Tingkat Tinggi

Jumlah sampel di masing-masing wilayah yaitu Banten 800 responden, Jawa Barat 1.200 responden, Jawa Tengah 1.200 responden, dan Jawa Timur 1.200 responden.
 
Dari data yang dihimpun, Prabowo unggul di Banten dengan statistik 28,5 persen dan Jokowi hanya memperoleh 26,9 persen suara.
 
Di Jawa Barat Jokowi meraih 38,8 persen dan Prabowo 30,2 persen. Untuk wilayah Jawa Tengah, Jokowi memperoleh 53,1 persen dan Prabowo 7,7 persen.
 
Dan untuk di wilayah Jawa Timur, Jokowi unggul 47,7 persen dan Prabowo 24,5 persen.
 
"Pada pilihan secara head to head, tingkat elektabilitas Jokowi unggul di atas Prabowo, hanya di Banten Joko Widodo kalah oleh Prabowo Subianto," jelas Yunarto.
 




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id