Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. Medcom.id/Githa Farahdina
Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. Medcom.id/Githa Farahdina

Lelang Jabatan Sekjen DPD RI Diminta Mengedepankan Transparansi

Nasional dpd dpd ri
Media Indonesia.com • 24 September 2020 21:15
Jakarta: Lelang terbuka jabatan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) diminta ditunda. Pasalnya, proses tersebut mengundang polemik, karena terindikasi tak sesuai mekanisme Undang-Undang tentang DPR, MPR, DPD (MD3) dan juga tata tertib (Tatib) DPD.
 
"Ini pasti ada sesuatu yang tak terbuka dan transparan sebagaimana prinsip open recruitment jabatan itu. Jadi ya lebih baik menurut saya jeda dulu, hentikan dulu sementara,” ujar peneliti senior Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 24 September 2020.
 
Menurut dia, lelang terbuka harus didasari transparansi dan akuntabilitas. Kedua hal itu menjamin hasil rekrutmen dapat dipertanggungjawabkan, baik dari sisi aturan atau undang-undang dan mekanismenya. Termasuk komposisi dari panitia seleksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Tunggu Respons Jokowi, Lelang Sekjen DPD Diminta Dihentikan Sementara
 
Dia mempertanyakan hal tersebut. Sebab jika komposisi pansel seusai, seharusnya tak ada polemik dari internal.
 
"Wakil Ketua DPD Pak Nono Sampono yang kemudian mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jadi, ada persoalan di sini," kata dia.
 
Surat pada Presiden Jokowi dilayangkan Nono pada Rabu, 23 September 2020. Nono menyoal proses lelang jabatan Sekjen DPD RI yang dinilai bermasalah.
 
“Karena terjadi silang pendapat yang tajam yang melibatkan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) juga, maka saya menggunakan hak politik sebagai anggota sekaligus Wakil Ketua DPD RI berkirim surat langsung kepada Presiden Joko Widodo,” kata Nono, Rabu, 23 September 2020.
 
(Deri Dahuri)
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif