Politikus Gerindra Arief Poyuono/Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.
Politikus Gerindra Arief Poyuono/Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.

SBY dan JK Disebut Bakal Diuntungkan Realisasi Jabatan Presiden 3 Periode

Nasional presiden sby politik presiden joko widodo vice president jusuf kalla gbhn
Anggi Tondi Martaon • 20 Maret 2021 13:00
Jakarta: Wacana perubahan presiden tiga periode selalu dikaitkan dengan kepentingan penguasa. Padahal, wacana tersebut juga menguntungkan pihak lain.
 
"Semuanya diuntungkan, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) diuntungkan, Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) diuntungkan, dan masyarakat," kata politikus Partai Gerindra Arief Poyuono dalam diskusi virtual, Sabtu, 20 Maret 2021.
 
Dia menyebut penambahan batas maksimal seseorang menjabat sebagai presiden lebih demokratis. Sebab, melalui pemilihan umum (pemilu).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak serta merta diangkat oleh MPR. Pak SBY juga punya kesempatan maju (calon presiden), Pak JK (Jusuf Kalla) juga kesempatan maju," ungkap dia.
 
Selain itu, Arief membeberkan alasannya getol mewacanakan perubahan jabatan presiden tiga periode karena ingin Jokowi kembali memimpin. Sebab, tidak ada tokoh lain yang dianggap kompeten menjadi kepala negara selain Jokowi.
 
Baca: Arief Poyuono Sengaja Cari Muka Ke Jokowi
 
"Belum ada tokoh yang bisa dibandingkan dengan dia (Jokowi) terkait mengelola pemerintahan," sebut dia.
 
Penilaian itu tak lepas dari kinerja jenderal tertinggi Indonesia itu saat memimpin peperangan melawan pandemi covid-19. Indonesia dinilai tidak terlalu terkena dampak seperti negara lain, terutama ekonomi.
 
Kontraksi ekonomi Indonesia sebesar 5,3 persen pada triwulan II 2020. Sedangkan negara maju lain cukup parah. Seperti India yang mengalami minus hingga 23,9 persen saat triwulan II 2020. Begitu juga Spanyol yang mengalami minus hingga 22,1 persen pada periode yang sama.
 
"Sekalipun krisis, jokowi berhasil. Artinya negara kita tidak terlalu terkontraksi ekonominya," ujar dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif