DPR Berharap KPK Hadir di Paripurna Pansus Angket

Ilham wibowo 14 Februari 2018 08:21 WIB
angket kpk
DPR Berharap KPK Hadir di Paripurna Pansus Angket
Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/M Rodhi Aulia
Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bakal menggelar sidang paripurna dengan agenda pembacaan rekomendasi Panitia Khusus Hak Angket untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansus Angket KPK) hari ini, Rabu, 14 Februari 2018. Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pihak KPK untuk hadir.

"Mudah-mudahan hadir untuk menepis bahwa sudah tidak ada lagi ketegangan antara DPR dan KPK," ujar Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Februari 2018. 

Pria yang akrab disana Bamsoet ini mengaku telah berkomunikasi langsung dengan pimpinan KPK untuk agenda tersebut. Ia perlu memastikan bila pimpinan KPK bakal hadir. "Beliau (pimpinan KPK) sedang mengatur jadwal untuk upayakan hadir," ungkapnya. 


Baca: KPK Anggap Pansus Hak Angket tak Pernah Ada

Politikus Golkar ini menegaskan kehadiran KPK dalam paripurna bukan untuk melegitimasi kembali keberadaan Pansus Angket KPK. Pasalnya, keberadaan Pansus Angket KPK sudah dinyatakan sah lewat putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Tak hanya itu, Pansus Angket juga tak akan mengubah rekomendasi yang telah disepakati fraksi yang terlibat. Kemudian, tugas Pansus Angket juga telah sepakati berakhir sebelum adanya putusan MK. 

"Karena kita sudah putuskan melalui pandangan fraksi. Pengambilan keputusan tingkat II itu sudah putus kemarin sebelum putusan MK jadi kita enggakgak bisa ambil langkah mundur lagi," bebernya. 



Bamsoet memastikan rekomendasi yang akan disampaikan Pansus Angket berisi penguatan KPK. Tujuannya, kata dia, membangun dan mendorong KPK melakukan bermacam perbaikan. 

"Rekomendasi yang memang tujuannya adalah ingin membangun dan mendorong KPK melakukan perbaikan-perbaikan agar kinerjanya ke depan bisa jadi lebih baik," tandasnya. 



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id