Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Dari 3 Capres NasDem, PKS Jagokan Anies

Medcom • 02 Agustus 2022 18:31
Jakarta: Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah menetapkan tiga calon presiden (capres) dalam rapat kerja nasional (rakernas) 2022. Dari tiga nama tersebut, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjagokan Anies Baswedan sebagai presiden pilihan mereka.
 
"Kalau kita melihat tentu harus ada banyak variabelnya bukan hanya elektoral. Kalau kita lihat memang mendasarinya dengan aspirasi kader dan juga pemilih mungkin akan mengarah kepada Pak Anies Baswedan ," kata Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada Medcom.id, Selasa, 2 Agustus 2022.
 
Menurut Kholid, konstituen pemilih PKS dan konstituen pemilih Anies  memiliki karakteristik demografi yang sama. Bahkan, PKS juga mendalami beberapa lembaga survei yang khusus menganalisis kedekatan demografi konstituen PKS dan pemilih Anies.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu (hasil survey) adalah sebuah kerja akademik yang dapat dipertanggungjawabkan oleh lembaga survei. Kami tentu akan menjadikan itu sebagai salah satu pertimbangan dan kami juga masukkan dalam sebuah variabel yang harus kami pertimbangkan juga," ujar Kholid.
 
Baca juga: Siap Berkoalisi, Kerja Sama PKS dengan NasDem dan Demokrat Menuju100%

 
Meski demikian, pertimbangan keuntungan secara elektoral karena mengusung Anies hanya satu hal untuk PKS. Pasalnya, internal partai juga memiliki beberapa kriteria dalam mengusung presiden tidak hanya pragmatisme angka.
 
"Tiga kriteria PKS capres-cawapres yang pertama adalah capacity to win (kapasitas untuk menang), tetapi harus memiliki capacity to govern (kapasitas memerintah) dan yang ketiga adalah capacity to unite (kapasitas untuk mempersatukan)," tegasnya. (Jose Imanuel)
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif