Presiden Joko Widodo dalam Sidang Bersama DPD-DPR. Foto: Ciplukan siaran Metro TV.
Presiden Joko Widodo dalam Sidang Bersama DPD-DPR. Foto: Ciplukan siaran Metro TV.

Jokowi Pilih Ponsel Ketimbang Studi Banding

Nasional Pidato Kenegaraan 2019
Damar Iradat • 16 Agustus 2019 11:20
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta semua pihak efisien membentuk aturan. Teknologi informasi yang tersedia harus dimanfaatkan dengan maksimal.
 
"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari ponsel kita," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Bersama DPD-DPR, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Menurut dia, informasi kini mudah didapat bermodalkan ponsel. Semua pihak tak perlu repot mencari bahan aturan serupa yang akan dibentuk dengan mendatangi negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mau ke Amerika di sini ada (di ponsel). Mau ke Rusia di sini ada. Mau ke Jerman di sini ada semuanya," jelas dia sambil menunjuk telepon genggamnya.
 
Dia menegaskan sudah menginstruksikan jajaran eksekutif soal itu. Wakil rakyat pun diminta meniru dengan menahan diri untuk studi banding.
 
"Saya kira ini juga relevan untuk bapak ibu anggota Dewan," jelas dia.
 
Di sisi lain, Kepala Negara menekankan inti regulasi ialah melindungi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. Regulasi harus mempermudah rakyat mencapai cita-citanya.
 
Selain itu, regulasi harus memberikan rasa aman. Aturan yang dibentuk harus memudahkan semua orang berbuat baik dan berinovasi menuju Indonesia maju.
 
Baca: Hari Ini Jokowi Sampaikan Nota Keuangan dan RUU APBN 2020
 
Kinerja pun, jelas dia, tak bisa dinilai dari sebanyak apa aturan ditelurkan. Namun, hal ini harus dilihat dari kegunaan aturan itu dalam menyelesaikan masalah bangsa.
 
"Bukan diukur dari seberapa banyak UU (undang-undang), PP (peraturan pemerintah), permen (peraturan menteri) atau pun perda (peraturan daerah) yang dibuat," jelas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif