Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.
Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.

NasDem Godok Calon Pimpinan DPR dan MPR

Nasional dpr
Whisnu Mardiansyah • 31 Mei 2019 11:35
Jakarta: Partai NasDem sepakat pemilihan kursi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui sistem paket. Partai NasDem tengah menggodok sejumlah nama untuk kursi pimpinan.
 
"Sudah ada beberapa nama yang digodok oleh Pak Surya (Ketua Umum NasDem Surya Paloh) untuk menempati pos DPR dan MPR," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada Medcom.id, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Pemilihan kursi pimpinan dengan sistem paket tentunya perlu dibicarakan dengan partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo. Willy yakin pembicaraan kursi pimpinan berjalan lancar sesama partai koalisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mungkin sistem paket karena berbasis koalisi. Ini sejauh ini pembicaraan belum mengarah ke sana," kata Willy.
 
Willy menambahkan NasDem tak masalah kursi pimpinan MPR dan DPR pun diisi dari partai-partai nonkoalisi. Menurut dia, hal itu wajar mengingat di Parlemen berbagi jatah kursi pimpinan biasa terjadi.
 
Baca: Puan Belum Pikirkan Kursi Ketua DPR
 
"Enggak apa-apa itu kan bagian dari proses yang sifatnya lebih power sharing. Kalau di pemerintahan kan tidak. Kalau di DPR power sharing itu hal yang biasa-biasa saja," jelas Willy.
 
Willy yang juga lolos ke Parlemen tahun ini yakin pemilihan kursi pimpinan MPR dan DPR periode 2019-2024 tak menemukan kendala. Tidak ada aksi saling mengakali aturan seperti halnya pada periode sebelumnya.
 
"Kita belajar dri proses kenak-kanakan. Kita juga enggak ingin memberikan pengalaman yang buruk enggak bagus pada proses perpolitikan," pungkas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif