Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Puan Belum Pikirkan Kursi Ketua DPR

Nasional dpr
Dheri Agriesta • 14 Mei 2019 14:55
Jakarta: Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani belum memikirkan kursi pimpinan DPR periode 2019-2024. Puan masih fokus menjalankan tugas sebagai menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).
 
"Dan saat ini kan kita masih menunggu hasil real count suara (Pemilu 2019) pada tanggal 22 (Mei), jadi masih fokus pada hal tersebut," kata Puan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Puan mengatakan belum ada pembicaraan di internal koalisi terkait penugasan dan penempatan di posisi tertentu. Ia pun tak ingin sesumbar meski didukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puan menegaskan belum ada keputusan final tentang hal itu. Hanya, berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3), partai pemenang pemilu akan menduduki kursi pimpinan DPR.
 
"Tapi siapa, kemudian bagaimana kriteria dan lain-lain, itu kan masalahnya ada di internal partai masing-masing," kata dia.
 
Dia mengakui bisa saja ada kandidat ketua DPR lain dari PDI Perjuangan. Puan mengaku belum berkomunikasi dengan internal partai karena masih menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
"Sampai hari ini dapil (daerah pemilihan) saya di Jateng (Jawa Tengah) keputusannya di KPUD itu kalau enggak salah hari Selasa ini, begitu diketok di sana sudah menjadi hasil yang sah," pungkas Puan.
 
Baca: Puan Paling Berpeluang
 
Puan Maharani disebut bakal menduduki kursi Ketua DPR. Dukungan dari partai Koalisi Indonesia Kerja pun berdatangan. Jika terwujud, Puan akan menjadi ketua DPR perempuan pertama di Indonesia.
 
NasDem, salah satunya, mendorong PDI Perjuangan menunjuk Puan Maharani menjadi ketua DPR periode 2019-2024. NasDem menilai Menteri Kabinet Kerja itu pantas menjabat ketua DPR.
 
"Siapa pun yang dicalonkan PDIP pasti kami dukung. Salah satu tokoh yang memang mumpuni PDIP adalah Ibu Puan, yang juga memperoleh suara terbesar di Indonesia dalam pileg (pemilihan legislatif) kali ini," kata Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif