Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Medcom.id/Candra Yuri
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto: Medcom.id/Candra Yuri

Surat Pemberitahuan Pensiun Kapolri kepada Presiden Diapresiasi

Nasional polri polisi Calon Kapolri
Yogi Bayu Aji • 06 Januari 2021 21:55
Jakarta: Langkah Kapolri Jenderal Idham Azis menyurati Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan penggantinya mendapat respon baik anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan. Idham dianggap telah bersikap profesional.
 
"Itu merupakan salah satu perwujudan sikap promoter (profesional, modern, dan terpercaya)," kata Arteria di Jakarta, Rabu,6 Januari 2021.
 
Menurut dia, langkah mantan Kapolda Metro Jaya tersebut menunjukkan ketulusan bekerja dan mengabdi kepada negara. Arteria berharap sikap Idham Azis dapat dijadikan contoh bagi pajabat lain di lingkungan kerja mana pun.
 
"Karena banyak juga yang mau pensiun malah cawe-cawe, manuver untuk minta diperpanjang," jelas Arteria. 
 
Idham Azis mengajukan surat pemberitahuan akan memasuki pensiun pada Februari 2021 kepada Presiden Joko Widodo. Surat itu dikirim Senin, 4 Januari 2021. 
 
Baca: Idham Azis Kirim Surat ke Istana Soal Pergantian Kapolri

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam surat tersebut, orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu tidak menyebut nama calon pengganti kapolri. Surat pemberitahuan itu diberikan kepada Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.
 
"Kapolri sudah ajukan surat ke Presiden yang isinya pemberitahuan kalau umur beliau sudah 58 tahun dan terhitung tanggal 1 Februari 2021 memasuki purnabakti. Ini sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian," kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas  Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Argo Yuwono.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif