Kapolri Jenderal Idham Azis. Istimewa
Kapolri Jenderal Idham Azis. Istimewa

Idham Azis Kirim Surat ke Istana Soal Pergantian Kapolri

Nasional polri kapolri presiden jokowi Calon Kapolri
Siti Yona Hukmana • 06 Januari 2021 10:41
Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis mengirimkan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Idham melayangkan surat permohonan ke Istana pada Selasa, 5 Januari 2021.
 
"Karena (Kapolri Idham) mau memasuki pensiun," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Argo mengatakan pengajuan surat permohonan penunjukan pengganti itu diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Namun, Kapolri  Idham tidak mengajukan usulan nama untuk penggantinya.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pak Idham tidak mengajukan nama. (Hanya) menyampaikan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021," ujar jenderal bintang dua itu.
 
Kapolri Jenderal Idham Azis purnabakti pada akhir Januari 2021. Sejumlah nama perwira tinggi (Pati) Polri sudah bermunculan untuk menggantikan kursi Tri Brata (TB1).
 
Baca: Istana Disebut Berwacana Ganti Kapolri Sekaligus Wakapolri
 
Salah satu syarat untuk menjadi calon kapolri adalah anggota Polri yang berpangkat jenderal bintang tiga atau komjen. Beberapa perwira tinggi Polri disebut-sebut menjadi calon kuat menggantikan Idham.
 
Di antaranya, Wakapolri Komjen Gatot Edy Prabowo, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Adrianto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar.
 
Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan nama calon Kapolri yang baru sudah disiapkan. Namun, sosok pengganti Idham belum diketahui siapa pun.
 
"Prosedurnya sudah ada, tinggal tunggu waktu. Siapanya, pasti sudah ada, kebetulan tidak ada di kantong saya," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 4 Januari 2021.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif