Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Distribusi BLT Dana Desa Mencapai 43 Persen

Nasional dana desa kementerian desa
Nur Azizah • 21 Mei 2020 17:52
Jakarta: Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa telah didistribusikan ke 23.963 desa. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menyebut jumlah itu mencakup 43 persen desa yang menerima bantuan.
 
“Sepanjang kemarin penyaluran melonjak 7.496 desa,” kata Abdul Halim dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Baca:53 Ribu Desa Telah Menerima Dana Desa

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abdul Halim menyampaikan saat ini sudah ada 55.260 desa yang mendapatkan dana desa di rekening kas desa. Artinya, desa-desa tersebut siap menyalurkan BLT dana desa ke masyarakat.
 
Sementara dana desa bagi 5.437 desa masih diproses di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) setempat. Abdul berjanji akan mempercepat proses pencairan dana ke rekening kas desa.
 
Dia mengatakan ada empat tahapan penyaluran BLT dana desa. Pertama, pendataan keluarga miskin, kedua, musyawarah desa khusus untuk menetapkan daftar penerima BLT dana desa.
 
"Ketiga, pengesahan bupati terhadap daftar usulan desa tersebut, dan keempat, penyaluran BLT dana desa," ujarnya.
 
Ia menuturkan, desa yang sudah melakukan pendataan keluarga miskin mencapai 62.063 desa. Jumlah tersebut naik 3.690 desa dari hari sebelumnya.
 
Sementara desa yang sudah melaksanakan musyawarah desa khusus mencapai 54.451 desa. Jumlah tersebut mencakup 99 persen dari desa yang sudah mendapat dana desa.
 
"Angka ini juga menunjukkan kenaikan 5.332 desa dibandingkan hari sebelumnya. Pengesahan bupati dan wali kota saat ini sudah bisa ditangguhkan setelah penyaluran BLT dana desa tahap pertama," jelas dia.
 
Jumlah keluarga miskin yang telah menerima BLT dana desa telah mencapai 2.469.025 keluarga. Jumlah tersebut merupakan 30 persen dari target 12 juta keluarga penerima manfaat.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif