Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dok Puspen Kemendagri
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dok Puspen Kemendagri

PP Perizinan Daerah Turunan UU Cipta Kerja Selesai Bulan Depan

Nasional perizinan kemendagri Omnibus Law
Antara • 07 Oktober 2020 22:05
Jakarta: Peraturan pemerintah (PP) yang menjadi aturan turunan Undang-Unndang Cipta Kerja (UU Ciptaker) akan rampung bulan depan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan jajaran menteri segera mengeksekusi.
 
"Beliau perintahkan paling lambat bulan depan harus selesai," kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat konferensi pers penjelasan UU Cipta Kerja secara daring, di Jakarta, Rabu, 7 September 2020.
 
UU Cipta Kerja akan mempermudah dan menyederhanakan prosedur pengurusan izin di daerah yang selama ini kerap dikeluhkan. Sejumlah proses perizinan menjadi lebih cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: MPR Dorong Pemerintah Jelaskan Pasal Kontroversial UU Cipta Kerja
 
Setelah UU Cipta Kerja disahkan, PP yang berisi inventarisasi dan identifikasi jenis-jenis usaha di daerah mesti disederhanakan. Asosiasi-asosiasi pemerintahan daerah akan dilibatkandalam penyusunan PP.
 
"Besok mulai membuat rencana PP-nya. Setelah itu, minggu depan draf sudah selesai, kami mengundang rekan-rekan asosiasi pemerintah daerah," kata Tito.
 
Mendagri berharap PP bisa menampung aspirasi pemerintah daerah. Dia pun berharap legislatif dan eksekutif di daerah memiliki semangat memperbaiki tata perizinan agar lapangan kerja semakin terbuka.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif