Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Amiruddin Abdullah Reubee.
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Amiruddin Abdullah Reubee.

Jokowi Ingin Izin Investasi Diberikan Sambil Tutup Mata

Nasional perizinan
Damar Iradat • 08 Juli 2019 16:03
Bogor: Presiden Joko Widodo meminta agar izin investasi terkait barang ekspor dan substitusi impor dipermudah. Dia menilai izin investasi tersebut harus diberikan dengan cepat.
 
"Investasi yang berkaitan dengan ekspor, berkaitan dengan barang-barang substitusi impor 'tutup mata' berikan izin secepat-secepatnya, tapi kejadian di lapangan tidak seperti itu," kata Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 8 Juli 2019.
 
Jokowi mengaku masih menemukan izin investasi yang bertele-tele seperti terkait lahan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Masalah ini menghambat bisnis petrokimia yang sudah berhenti setahun lebih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Urusan kecil tapi ya ini menghambat," tutur dia.
 
Tidak hanya itu, Jokowi juga memaparkan soal pembangunan hotel di Manado, Sulawesi Utara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut di wilayah itu kekurangan hotel untuk sektor pariwisata.
 
"Kami kurang hotel, hotel sudah berbondong-berbondong mau bikin, urusan yang berkaitan dengan tata ruang sebetulnya dari Menteri BPN (Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil) bisa menyelesaikan dengan kesepakatan-kesepakatan yang memang harus itu dilakukan," kata dia.
 
Baca: Jokowi Diharap Bereskan Aturan Tumpang Tindih
 
Di sisi lain, Jokowi menuntut agar para menteri memperkuat kerja sama. Dia menilai kerja sama lintas kementerian perlu untuk meningkatkan investasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada.
 
"Semua hal seperti ini kalau kita hanya terbelit dengan rutinitas, tapi kalau kita tidak berani melihat problem, melihat tantangan-tantangan riil yang kita hadapi, ya kita akan sampai kapan pun kita tidak akan bisa mengatasi tantangan yang ada," kata dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif