Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Wapres Ingin Pesantren Berperan Lebih dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat

Kautsar Widya Prabowo • 09 Desember 2021 19:42
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan pesantren mesti banyak berperan dalam bidang pemberdayaan ekonomi umat. Kurang lebih terdapat 27 ribu pesantren tersebar di seluruh Indonesia.
 
"Di dunia modern ini, peranan santri dalam bela negara dibutuhkan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) santri dan kemandirian di bidang ekonomi," ujar Ma'ruf dalam acara Kick Off Parade Ekonomi dan Bisnis Masyarakat Pesantren, Kamis, 9 Desember 2021.
 
Ma'ruf meyakini melalui peningkatan SDM dan kemandirian di bidang ekonomi akan menjadi faktor penting menunjang kemajuan ekonomi nasional. Oleh karenannya, peran pesantren sebagai tempat menimba ilmu sekaligus emberdayaan ekonomi umat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sangat mendukung program-program pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren sebagai salah satu ikhtiar untuk mensejahterakan masyarakat," jelas dia.
 
Dia berharap setiap pesantren dapat mendorong karya nyata dari masyarakat. Serta dapat menjadi penyambung informasi menyosialisasikan kebijakan ekonomi dan keuangan Syariah yang dikeluarkan pemerintah.
 
Pemerintah telah melakukan beberapa kebijakan untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah yang berfokus pada empat hal. Yaitu, pengembangan industri halal, pengembangan industri keuangan syariah, pengembangan dana sosial syariah, dan pengembangan dan perluasan usaha syariah.
 
Baca: Kemenag Jajaki Pengembangan Ekonomi Pesantren Berbasis Digital
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif