Ilustrasi DPR. Medcom.id
Ilustrasi DPR. Medcom.id

Komisi I dan Menhan Bahas Rencana Pengadaan Alpalhankam Besok

Nasional Kenaikan PPh alutsista tni Prabowo Subianto industri pertahanan Kementerian Pertahanan
Anggi Tondi Martaon • 01 Juni 2021 14:47
Jakarta: Komisi I bakal menggelar rapat bersama pemerintah. Rapat mengagendakan presentasi rencana pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam).
 
"Besok (2 Juni 2021) baru akan dipresentasikan (rencana pengadaan alpalhankam)," kata anggota Komisi I Sukamta kepada Medcom.id, Selasa, 1 Juni 2021.
 
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bakal menjelaskan langsung rencana tersebut. "(Rapat pembahasan rencana pengadaan alpalhankam) dengan Menhan (Prabowo)," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencana alpalhankam tercantum dalam rancangan perpres terkait alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Dokumen yang beredar di publik itu menyebutkan anggaran pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk 25 tahun ke depan mencapai US$124.995.000.000 atau setara Rp1,7 kuadriliun.
 
(Baca: Legislator Sindir Prabowo dan Panglima TNI Absen Rapat di DPR)
 
Juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, menjelaskan sumber pembiayaan melalui skema utang luar negeri. Hal itu agar tak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Dalam arti, tidak akan mengurangi alokasi belanja lainnya dalam APBN yang menjadi prioritas pembangunan nasional," kata juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam keterangan tertulis, Senin, 31 Mei 2021.
 
Pinjaman dari beberapa negara tersebut akan diberikan dengan tenor panjang dan bunga sangat kecil. Proses pembayaran menggunakan alokasi anggaran Kemhan.
 
Politikus Gerindra itu mengatakan dokumen Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Alpalhankam yang beredar dan mencantumkan nilai anggaran fantastis belum final. Rancangan aturan itu masih diuji mendalam.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif