Presiden Jokowi/MI/Ramdani
Presiden Jokowi/MI/Ramdani

Jokowi: Indonesia Harus Terus Berinovasi

Nasional Pidato Kenegaraan 2019
Damar Iradat • 16 Agustus 2019 09:16
Jakarta: Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia harus siap menghadapi perubahan yang sangat cepat. Indonesia saat ini menghadapi tantangan global yang berbeda.
 
"Kita tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi," tegas Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR di di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Jokowi mengatakan Indonesia harus berani menerima era keterbukaan sejagad. Indonesia, tegas dia, masuk era kompetisi antarnegara yang semakin sengit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pejabat Hingga Mantan Presiden Hadir di Sidang Tahunan MPR
 
Ia menjelaskan visi yang sama juga harus hidup dalam kerja di semua lembaga negara. Menurutnya, fungsi check and balances antarlembaga negara sangat penting, tetapi harus tetap berada dalam bingkai yang sama, satu visi besar Indonesia Maju.
 
"Saya yakin dalam bingkai visi yang sama, kita makin kuat, kita makin solid, dan menjadi pemenang dalam kompetisi global," ujar dia.
 
Jokowi menekankan pencapaian visi besar harus dipercepat. Tidak ada jalan lain selain meninggalkan cara-cara lama dan beradaptasi dengan cara-cara baru.
 
"Kita butuh terobosan-terobosan baru untuk menjawab harapan rakyat yang makin meningkat. Kita butuh lompatan-lompatan kemajuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kecintaan rakyat. Kita butuh karya- karya nyata agar Lembaga-Lembaga Negara menjadi institusi yang kuat dan berwibawa," tegas dia.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif