Ilustrasi pembangunan/MI/Pius Erlangga
Ilustrasi pembangunan/MI/Pius Erlangga

Bukan Anak Tiri, Pemerintah Juga Fokus Bangun Perbatasan

Antara • 26 September 2022 23:16
Jakarta: Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan menegaskan pemerintah tak menganaktirikan daerah perbatasan. Pembangunan infrastruktur diyakini merata ke seluruh penjuru Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat.
 
"Kami juga punya perhatian bagaimana pelayanan publik di wilayah perbatasan," kata Abetnego dikutip dari Antara, Senin, 26 September 2022.
 
Menurut dia, hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara menegaskan pembangunan tak boleh Jawasentris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, pembangunan sumber daya manusia (SDM), mulai dari sektor pendidikan, sektor kesehatan, dan perlindungan sosial di wilayah wilayah perbatasan menjadi isu yang sangat penting," kata Abetnego.
 

Baca: Kebijakan Jokowi Disebut Merata dan Memperkuat Kompetensi SDM


Hal tersebut dijelaskan saat Abetnego menjadi pemateri pada kegiatan seminar nasional Program Studi Megister Hukum Universitas Tanjungpura (Untan), di Pontianak, Senin, 26 September 2022. Dia  meminta kepada seluruh sivitas akademika di Untan  bersama-sama membangun dan menjawab persoalan yang ada di perbatasan negara saat ini.
 
Menanggapi hal tersebut, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Garuda Wiko menegaskan, pihaknya juga sudah membuat program khusus yang menggandeng Menko PMK dan pihak lainnya untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menyejahterakan wilayah perbatasan di Kalbar.
 
"Selain membangun wilayah perbatasan, ekosistemnya juga harus kita bentuk, artinya menyangkut tatakelolanya harus kita perhatikan. Akses, pelayanan publiknya dan pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan tersebut juga harus kita bangun untuk menyejahterakan masyarakat Kalbar yang ada di perbatasan tersebut," kata Garuda Wiko.

 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif