Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus/Istimewa
Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus/Istimewa

Elektabilitas Gerindra Dinilai Terkerek Jika Prabowo Nyapres

M Sholahadhin Azhar • 25 Juni 2022 11:42
Jakarta: Elektabilitas Partai Gerindra dinilai terkerek jika Prabowo Subianto mendeklarasikan ikut kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketua Umum Partai Gerindra itu bakal memberikan efek ekor jas pada partainya.
 
"Artinya, dengan tingkat popularitas dan elektabilitas Prabowo Subianto yang saat ini berada di posisi paling atas, maka hal ini juga akan tumpah ke tingkat elektoral Partai Gerindra," ujar Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus melalui keterangan tertulis, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Menurut dia, Prabowo memiliki potensi besar mencalonkan diri dalam Pilpres 2024. Berdasarkan perolehan kursi di DPR, Gerindra hanya membutuhkan satu teman koalisi selain dengan PPP untuk memenuhi presidential threshold 20 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan kemampuan dan pengalaman Prabowo Subianto dalam kancah politik nasional, rasanya tidak cukup rumit untuk mencari satu teman koalisi di antara delapan parpol di DPR," kata Syahrial.
 

Baca: Ini Kata Prabowo Ditanya Potensi Berkoalisi dengan Demokrat


Di sisi lain, Prabowo juga menjadi salah satu calon unggulan di bursa calon presiden. Elektabilitas Menteri Pertahanan itu bersaingan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
 
Syahrial menilai hal tersebut menjadi modal kuat Prabowo mencalonkan diri. Sebab, hanya Prabowo yang memiliki dukungan solid dari partai tempat dia bernaung.
 
"Maka bisa disimpulkan bahwa Partai Gerindra memiliki peluang paling besar untuk mencalonkan kader internalnya sendiri dalam posisi sebagai calon presiden," ujar dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif