Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Muhaimin Klaim Diminta Warga NU Jadi Capres

Anggi Tondi Martaon • 23 Mei 2022 01:02
Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan tekadnya mencari tambahan suara untuk memenuhi syarat pencalonan presiden. Dia mengeklaim pencalonannya sebagai calon presiden (capres) merupakan keinginan masyarakat Indonesia, terutama warga Nahdlatul Ulama (NU).
 
"Itu keinginan sebagian besar warga kita, terutama nahdliyin dan nahdliyat supaya kita punya presiden yang mewakili warga nahdliyin," ujar Muhaimain dalam keterangan tertulis, Minggu, 22 Mei 2022.
 
Muhaimin juga merespons adanya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ia mengaku tertarik bergabung, namun dengan syarat khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya siap bergabung (KIB) asal capresnya saya," ujar dia.
 
Baca: PKB Siap Gabung KIB Jika Cak Imin Diusung Jadi Capres
 
Wakil Ketua DPR itu mengapresiasi langkah partai-partai yang sudah membentuk koalisi sejak dini. Hal itu dinilai sebagai ikhtiar untuk menyamakan kekuatan.
 
Muhaimin menyatakan PKB sangat terbuka untuk menjalin komunikasi dengan semua partai. Namun, ia menyebut belum ada target partai yang bakal diseriusi PKB untuk membangun koalisi.
 
"Kita terus menjalin komunikasi di DPR. Tapi secara khusus belum. Kita terbuka," ungkap dia.
 
Dia menyampaikan safari politik terus dilakukan. PKB masih membutuhkan 10 persen suara nasional lagi agar bisa mencalonkan Muhaimin sebagai capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif