Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Branda Antrara
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Branda Antrara

Menteri PPPA Kecam Pelaku KDRT di Konawe Utara

Antara • 30 Maret 2022 05:55
Jakarta: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengecam keras perbuatan SD, pelaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Aparat penegak hukum diminta segera menangkap pelaku.
 
"Kita semua setuju jika aturan harus ditegakkan sebagaimana mestinya dan Kemen PPPA akan mengedukasi dan memastikan penanganan yang berkeadilan dalam penerapannya," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022.
 
Dia mendorong aparat penegak hukum agar menerapkan sanksi tegas kepada pelaku yang masih buron itu. "Kami sangat mendukung proses hukum kepada pelaku KDRT yang saat ini masih dalam pengejaran polisi setempat agar mendapatkan sanksi atas perbuatan KDRT," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaku dapat diancam hukuman pidana Pasal 5 jo Pasal 44 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU PKDRT) jo Pasal 351 Ayat (1) KUHP tentang Penganiayaan. Ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 10 tahun.
 
"Selama ini kita terus berjuang untuk tidak melanjutkan budaya kekerasan di semua lingkup masyarakat hingga lingkup terkecil, yaitu keluarga. Pada kasus ini, kami juga mengapresiasi peran para warga yang cepat membantu korban ke rumah sakit dan melaporkan ke pihak berwajib," kata Bintang.
 
Baca: Kasus Kekerasan Masih Tinggi, Kominfo Dorong Perlindungan terhadap Perempuan
 
Seorang suami, SD, menyayat wajah istrinya, L, menggunakan silet saat sang istri sedang tidur di rumah keluarganya, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu dini hari, 27 Maret 2022. Tidak hanya wajah, pelaku menyayat sejumlah bagian tubuh korban hingga terluka parah.
 
Setelah berusaha melawan, korban berhasil kabur dan meminta pertolongan warga sekitar. Sementara itu, pelaku melarikan diri. Saat ini, kasus tersebut ditangani Polres Konawe Utara.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif