Pemerintah Didesak Bentuk Satgas Pengawasan TKA
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ichsan Firdaus. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) diminta segera membentuk satuan petugas (Satgas) Pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA). Satgas Pengawasan TKA diharapkan sudah terbentuk dalam tiga bulan.
 
"Sesuai hasil raker dengan Kemenaker, kami di DPR sepakat dibentuk tim pengawas TKA untuk menindaklanjuti temuan ORI," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ichsan Firdaus di Jakarta, Sabtu, 28 April 2018.
 
Ichsan mengakui sistem pengawasan TKA sangat lemah, terlebih sejak berlakunya bebas visa. "Karena Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) memang sejak rezim bebas visa menjadi masalah," ujar dia.
 
Dia mengungkapkan, tim Satgas tidak hanya berasal dari Kemenaker melainkan Kemendagri, BIN, Kepolisian, Dirjen Imigrasi, dan lainnya.
 
"Makanya kami mendesak pemerintah segera bentuk Satgas ‎ agar bisa mengawasi, memantau para TKA selambat-lambatnya tiga bulan dari sekarang," pungkasnya.

Baca: Publik Diminta tak Mengkhawatirkan Tenaga Kerja Asing

Ombudsman RI (ORI) mendapat temuan soal masuknya TKA ke Indonesia tanpa keterampilan. Diduga, setiap harinya TKA asal Tiongkok itu terus masuk ke Indonesia.
 
Berdasarkan investigasi OR‎I yang digelar sepanjang Juni sampai Desember 2017, tujuan dari TKA itu ke tujuh provinsi di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id