Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Lakalena. Dok DPR
Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Lakalena. Dok DPR

Tuntutan Buruh Harus Dijadikan Bahan Pengawasan UU Ciptaker

Nasional Demo Buruh unjuk rasa buruh DPR RI UU Cipta Kerja
Anggi Tondi Martaon • 01 Mei 2021 16:00
Jakarta: Buruh menyampaikan sejumlah tuntutan melalui petisi pada May Day 2021. Tuntutan tersebut harus dijadikan bahan pengawasan implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker).
 
"Aspirasi (buruh) tentu harus diletakkan dalam konteks untuk betul-betul dan memastikan pelaksanaan UU Ciptaker," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena kepada Medcom.id, Sabtu, 1 Mei 2021.
 
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Nusa Tenggara Timur itu menegaskan implementasi UU Ciptaker harus dilakukan dengan baik. Sehingga, spirit keberadaan regulasi sapu jagat sektor investasi itu bisa diwujudkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yakni, untuk kepentingan bangsa dan negara baik itu buruh, pengusaha, dan seluruh masyarakat Indonesia," ungkap dia.
 
Baca: 9 Tuntutan KSPI di Hari Buruh
 
Dia meminta agar seluruh pihak memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk mengimplementasikan UU Ciptaker. Apalagi, pemerintah telah membuat aturan teknis pelaksanaan UU Ciptaker.
 
"Baru nanti beberapa waktu ke depan bisa kita nilai lagi bagaimana progres UU Ciptaker ini," ungkap dia.
 
Selain itu, dia mengucapkan selamat Hari Buruh kepada seluruh pekerja di Indonesia. Diharapkan, perayaan kali ini menjadi momentum perbaikan sektro ketenagakerjaan.
 
"Semoga produktivitas dan kesejahteraan, jaminan hukum, dan juga akses terhadap berbagai macam pasar kerja di Tanah Air dan internasional makin baik bagi pekerja di Tanah Air," ujar dia.
 
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengeluarkan petisi pada peringatan Hari Buruh Internasional, Sabtu, 1 Mei 2021. Petisi yang berisi sembilan tuntutan itu meminta pemerintah mengoreksi UU Ciptaker. 
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif