Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambangi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu, 27 Oktober 2019. Foto: Biro Pers Istana
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambangi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu, 27 Oktober 2019. Foto: Biro Pers Istana

Jokowi: Pemekaran Papua Aspirasi Tokoh

Nasional pemekaran daerah
Desi Angriani • 02 November 2019 00:29
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut, dirinya hanya menerima aspirasi dari tokoh-tokoh Papua terkait rencana pemekaran wilayah Papua. Ia membantah menawarkan pemekaran di wilayah Papua.
 
"Itu kan aspirasi dari bawah yang saya temui waktu dialog. Keinginan-keinginan mereka. Keinginan beliau-beliau, tokoh-tokoh yang ada di pegunungan tengah," kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Aspirasi itu disampaikan para tokoh Papua yang bertemu Jokowi beberapa waktu lalu.
Jokowi mengatakan, dalam pertemuan itu, ia menyampaikan jika pemerintah masih moratorium pemekaran sebuah daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, para tokoh yang hadir menyampaikan jika di Pegunungan Tengah memerlukan pemekaran provinsi baru. Saat itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan jika pemekaran daerah akan ditindaklanjuti dengan kajian dan kalkulasi yang matang.
 
Rencana pemekaran wilayah Papua ini pun menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Namun, ia memahami jika itu merupakan hal wajar.
 
'Tapi yang paling penting, apa yang baik buat negara akan saya putuskan," katanya.
 
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebelumnya memastikan moratorium di wilayah lain tetap berlaku kecuali Papua. Pasalnya, pemerintah memiliki anggaran terbatas bagi 183 wilayah yang meminta pemekaran.
 
Tito menjelaskan Papua mendapat keistimewaan karena alasan keamanan dan percepatan pembangunan di ujung timur Indonesia itu.
 
Namun demikian, pemerintah hanya menyetujui pemekaran dua provinsi dari tiga wilayah yang diusulkan pemda. Dua calon provinsi baru itu ialah Papua Selatan dan Papua Pegunungan Tengah.
 
Papua Selatan akan meliputi Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, dan Kota Merauke. Sementara Papua Tengah mencakup wilayah adat Meepago dan La Pago.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif