Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan). (Foto: ANTARA/Puspa  Perwitasari)
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan). (Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari)

PKB: Jokowi Tak Berniat Bungkam Oposisi

Nasional kabinet jokowi kabinet kerja
M Sholahadhin Azhar • 06 Juli 2019 10:40
Jakarta: Niatan presiden terpilih Joko Widodo untuk rekonsiliasi, bukan upaya menafikan oposisi. Niat rekonsiliasi Jokowi murni untuk merekatkan persatuan pascapilpres.
 
"Siapa yang mau bungkam? DPR menurut fungsinya boleh ngomong apa saja, silakan ngomong, siapa yang mau bungkam, tidak ada," kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding, di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Menurutnya, tugas wakil rakyat sesuai amanat UUD 1945 adalah mengawal pemerintahan, termasuk dengan kritik. Karding menyebut Jokowi tak mungkin tak memahami hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masa presiden mau mengalahkan kewenangan di UUD," protes Karding.
 
Karding menegask petahana hanya fokus pada rekonsiliasi. Bukan memperbanyak koalisi atau mencampuri urusan oposisi.
 
Baca juga:Jatah Menteri untuk PKB dan NU Diminta Dipisah
 
Artinya, kata dia, seluruh partai punya hak masing-masing untuk merapat ke pemerintahan atau tidak. Pemenang pemilu tentu tak bisa memaksa mereka.
 
"Kalau mau bergabung masa kita mau paksa mereka, jangan bergabung. Tapi Pak Jokowi baik, ingin mengurangi residu-residu konflik yang ada di pilpres," ujar dia.
 
Ia mengingatkan, dalam sistem presidensial, pihak oposisi memang akan bercokol di legislatif. Meski tak sedikit juga yang berkoalisi. Namun intinya, pemerintahan harus dikawal bersama.
 
"Lebih baik kita membangun bareng-bareng (koalisi dan oposisi). Tapi sudah ada misalnya PKS sudah nyatakan tetap pada oposisi. Kita hargai itu," pungkas Karding.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif