Anggota Bawaslu DKI Divisi Penyelesaian Sengketa Mahyudin. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Anggota Bawaslu DKI Divisi Penyelesaian Sengketa Mahyudin. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

1 Staf Baswaslu Jakarta Barat Dicatut sebagai Kader Parpol

Kautsar Widya Prabowo • 19 Agustus 2022 18:37
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta mengonfirmasi terdapat satu jajarannya yang dicatut sebagai kader partai politik (parpol). Hal tersebut ditemukan langsung oleh yang bersangkutan ketika memeriksa data identitas kependudukanya di sistem informasi partai politik (sipol). 
 
"Ada satu orang, kalau enggak salah dari total 275 orang (anggota Bawaslu seluruh Indonesia), itu ada satu orang di Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Barat," ujar anggota Bawaslu DKI Divisi Penyelesaian Sengketa Mahyudin di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 19 Agustus 2022. 
 
Mahyudin menyebut satu jajarannya yang dicatut sebagai kader parpol menjabat sebagai staf. Ia juga telah mengonfirmasi kepada yang bersangkutan ihwal adanya keterlibatan di parpol. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sudah dikonfirmasi dan ditanyakan, dan dia bukan lah anggota parpol, karena beliau adalah memang staf di Bawaslu Jakarta Barat," jelasnya.
 
Pihaknya memastikan akan mengambil langkah tegas jika ada jajarannya yang terbukti menjadi kader parpol. Hal ini semata-mata untuk menjaga independensi Bawaslu dari campur tangan parpol.
 
"Kalau yang bersangkutan bicaranya yang lainnya kami akan mengambil tindakan, dengan dia mengatakan dia benar apa adanya (sebagai kader parpol) akan kami ambil tindakan," bebernya. 
 

Baca juga: 6 Parpol Tak Lolos Pendaftaran Datang ke Bawaslu untuk Ajukan Sengketa


Sebelumnya, Bawaslu menyebutkan sebanyak 275 penyelenggara pemilu dicatut namanya menjadi anggota atau pengurus partai politik di Sistem informasi Partai Politik (Sipol).
 
"Setidaknya terdapat 275 nama penyelenggara pemilu yang tercatat dalam keanggotaan dan kepengurusan parpol," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Jakarta Senin, 15 Agustus 2022.
 
Bawaslu, kata dia, mendapatkan adanya nama jajaran penyelenggara pemilu yang dicatut sebagai anggota maupun pengurus parpol di dalam Sipol dalam proses pengawasan sampai hari ke-14 tahapan pendaftaran parpol dan hari ke-13 tahapan verifikasi administrasi.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif