Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.

Menkominfo: RUU PDP Atur Sanksi Tegas

Andhika Prasetyo • 19 September 2022 18:31
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi segera disahkan. Beleid itu berupaya mengatur semua hal teknis menyangkut keamanan data baik milik masyarakat dan juga pemerintah, termasuk sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran.
 
"Sanksi-sanksi akan dipertegas di RUU PDP. Detailnya nanti dulu. Pokoknya disahkan dulu jadi UU, baru kita elaborasi," ujar Johnny di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 19 September 2022.
 
Dia meminta seluruh kementerian/lembaga serta seluruh penyelenggara sistem elektronik, terutama perusahaan swasta segera memiliki ketahanan untuk mencegah serangan-serangan siber di masa mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"PeduliLindungi, BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan, Google, Facebook, Tokopedia, Bukalapak, semua punya kewajiban yang sama. Semua yang menggunakan data pribadi rakyat harus memastikan perlindungan data pribadi rakyat berjalan dengan baik," tegasnya.
 

Baca: Terlibat Peretasan Bjorka, Pemuda Madiun Dijerat 4 Pasal UU ITE


Penguatan ketahanan, kata dia, dapat dilakukan dengan meningkatkan infrastruktur. Termasuk, sumber daya manusia yang dimiliki.
 
"Karena regulasi saja tidak cukup. Dibutuhkan juga perangkat dan SDM yang mumpuni. Kita harus meningkatkan keseluruhan sistem dalam rangka penanganan atau pencegahan serangan siber," tegas Johnny.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif