Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

MKD Verifikasi Pelaporan terhadap Masinton

Nasional politik Luhut Binsar Pandjaitan DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 19 April 2022 19:49
Jakarta: Anggota DPR Masinton Pasaribu dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait pernyataannya yang mengkritisi Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Laporan tersebut ditindaklanjuti MKD.
 
"Tim Sekretariat MKD dan tenaga ahli sedang memverifikasi laporan tersebut," kata Wakil Ketua MKD Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 19 April 2022.
 
Anggota Komisi III itu menyampaikan proses verifikasi dibutuhkan. Sehingga, diketahui apakah pelaporan yang dilakukan oleh Relawan Indonesia Bersatu (RIB) itu memenuhi syarat formil atau tidak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika tidak memenuhi syarat formil, pelapor diminta melengkapi kekurangan. Laporan bakal ditindaklanjuti ke tahap selanjutnya jika sudah dinyatakan lengkap. 
 
"Kalau tidak melengkapi jadi tidak ditindaklanjuti," ungkap dia.
 
Baca: Kritik Luhut, Masinton Dilaporkan ke MKD
 
Setelah dinyatakan lengkap, MKD bakal melakukan rapat pleno. Kegiatan itu dilakukan untuk menentukan apakah pelaporan dilanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak.
 
Setidaknya ada empat aspek yang dilihat MKD dalam rapat pleno tersebut. Yakni, kepentingan pelapor, perbuatan yang dituduhkan tersebut dilakukan dalam kapasitas sebagai anggota DPR, apakah perbuatan yang dilakukan menimbulkan dampak besar, dan mediasi antara kedua belah pihak. 
 
"Itu yang akan jadi bahan pembicaraan ketika rapat pleno apabila syarat-syarat itu terbukti," ujar dia
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif