Anggota DPR Masinton Pasaribu dilaporkan ke MKD karena kritik keras ke Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Anggi
Anggota DPR Masinton Pasaribu dilaporkan ke MKD karena kritik keras ke Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Anggi

Kritik Luhut, Masinton Dilaporkan ke MKD

Nasional politik Luhut Binsar Pandjaitan DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 18 April 2022 15:09
Jakarta: Relawan Indonesia Bersatu (RIB) melaporkan anggota DPR Masinton Pasaribu ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Anggota Komisi XI itu dilaporkan karena mengkritik Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
 
"Hari ini saya melaporkan saudara Masinton Pasaribu, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan yang mana kami lihat di publik beberapa hari ini sangat membuat kegaduhan, beliau melontarkan bahasa yang tidak beretika, menyerang yang namanya Bapak Luhur Binsar Pandjaitan," kata Koordinator RIB Risman Hasibuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 18 April 2022.
 
Dia menyampaikan alasannya melaporkan Masinton karena kritik yang disampaikan tidak beretika. Padahal, Luhut merupakan seorang pejabat negara yang membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjalankan pemerintahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seharusnya, beliau (Masinton) tidak elok menyuarakan itu ke publik, apalagi menyerang secara frontal ke Pak Luhut yang sudah kita anggap sebagai orang tua juga," ungkap dia.
 
Dia mengakui jika posisi Masinton sebagai anggota dewan memiliki hak untuk mengkritisi pemerintah. Namun, hal itu tidak dilakukan secara beretika.
 
"Seharusnya Bang Masinton lebih arif lah karena dia kaum intelektual, mantan aktivis 98 dan seharusnya punya tata krama dan etika," sebut dia.
 
Baca: La Nyalla Kritik Big Data Luhut Terkait Penundaan Pemilu 2024
 
Menurut dia, kritik harus disampaikan melalui forum resmi. Sehingga, Luhut memiliki kesempatan menjawab berbagai kritik yang disampaikan.
 
"Dia punya hak sebagai anggota DPR, dia bisa saja panggil Pak Luhut sebagai menko, melakukan RDP dan mendengarkan penjelasan dari Pak Luhut sendiri. Harusnya dia bisa buka ruang komunikasi," ujar dia.
 
Selain itu, dia menyampaikan laporan terhadap Masinton sudah diterima MKD. Dia berharap MKD segera memanggil Masinton.
 
 "Kami minta MKD memanggil Bung Masinton untuk dimintai keterangan karena memang tidak elok lah. Kalau mau menegur atau mau mengkritik kan ada forumnya," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif