Presiden Jokowi dan Presiden Joe Biden/Istimewa
Presiden Jokowi dan Presiden Joe Biden/Istimewa

Jaga Stabilitas Kawasan, Jokowi Didorong Berani Bahas Isu Sensitif

Nasional Jokowi Amerika Serikat KTT ASEAN joe biden Crosscheck
Theofilus Ifan Sucipto • 15 Mei 2022 11:32
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) didorong membahas dua topik penting dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Pembahasan tersebut penting guna memastikan stabilitas kawasan Indo-Pasifik.
 
“Pertama, masalah Laut China Selatan,” kata pengamat pertahanan dan militer Connie Rahakundini Bakrie dalam Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Amerika Incar Data Digital Indonesia-India,’ Minggu, 15 Mei 2022.
 
Connie mengatakan Jokowi perlu meminta ketegasan AS. Terkait, apakah menganggap hanya ada satu Tiongkok dengan bukti tidak ikut campur terhadap urusan Taiwan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Indonesia Diminta Mencermati Pembahasan KTT ASEAN-AS
 
“Jangan perlakukan Taiwan sebagai negara tapi negara bagian China. Jadi tidak boleh dipersenjatai AS,” ujar dia.
 
Opsi lainnya, yakni Kepala Negara menegaskan keseimbangan, keberlangsungan, dan perdamaian di Indo-Pasifik sangat penting. AS bisa menyatakan sikap bahwa ada dua Tiongkok.
 
“Kalau begitu, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) harus memperlakukan Taiwan sebagai negara. Tidak boleh lagi hanya sebagai kamar dagang tapi juga hubungan diplomasi,” papar Connie.
 
Menurut dia, ketegasan AS terkait Laut China Selatan dan Taiwan sangat penting. Sebab, gejolak di kawasan tersebut dipicu dua problem itu.
 
“Penting belajar dari Rusia dan Ukraina, jangan sampai diminta jadi partner kerja sama tapi membuat kita jadi containment country karena jadi bahaya. Jadi harus clear,” tegas dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif