NasDem Sebut Dana Kelurahan Telah Melalui Kajian
Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago. Foto: MI/Susanto
Jakarta: Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan usulan alokasi dana kelurahan telah melalui kajian mendalam. Usulan ini dikeluarkan untuk menyeimbangkan pembangunan di desa dan di kota.

"Presiden Joko Widodo setelah melakukan analisis dan kajian. Bantuan dana kelurahan itu akan digelontorkan melalui regulasi pemerintah pada akhir 2018 atau awal 2019," kata Irma saat dihubungi wartawan, Selasa 23 Oktober 2018.

Irma yang juga menjabat juru bicara Koalisi Indonesia Kerja (KIK) ini menyanyangkan pernyataan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. Sandi mencurigai ada 'udang di balik batu' atas kebijakan dana kelurahan.


"Nampaknya cawapres 02 ini bicara dan sikapnya tidak pernah konstruktif dan optimistis bagi program prorakyat. Aneh jika seorang cawapres tidak berpihak pada kepentingan rakyat hanya demi merugikan image pemerintah," tegasnya.

Seharusnya, kata Irma, kontestasi politik pilpres tidak boleh menafikan kepentingan untuk menyejahterakan rakyat. Sebagai lawan tanding semestinya kritisi program yang masih belum optimal.

"Tapi jangan halangi pemerintah untuk menyejahterakan rakyat melalui dana kelurahan," tuturnya.

Baca: DPR Menunggu Penjelasan Pemerintah soal Dana Kelurahan

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana pemerintah yang akan segera mengeluarkan program dana kelurahan pada 2019. Mengutip keterangan Biro Pers Kepresidenan, kebijakan tersebut diterbitkan menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat kelurahan.

"Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk kota, akan ada yang namanya anggaran kelurahan. Banyak keluhan, Pak ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota. Ya sudah tahun depan dapat," tutur Presiden Jokowi di acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, Jumat, 19 Oktober 2018.

Kementerian Keuangan sendiri  menganggarkan Rp3 triliun untuk dana kelurahan di RAPBN 2019. Dana berasal dari pengalihan pos anggaran dana desa yang tadinya dianggarkan Rp73 triliun ke Dana Alokasi Umum (DAU).



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id