DPR Menunggu Penjelasan Pemerintah soal Dana Kelurahan

Whisnu Mardiansyah 23 Oktober 2018 07:02 WIB
Dana Kelurahan
DPR Menunggu Penjelasan Pemerintah soal Dana Kelurahan
Ilustrasi. Medcom.id/Gregorius Yohandi
Jakarta: Badan Anggaran (Banggar) DPR masih mencari dasar hukum terkait usulan dana kelurahan yang diajukan oleh pemerintah. DPR menunggu penjelasan resmi dari pemerintah.

"Ya makanya dari sisi pijakan, legal formal itu seperti apa, ini juga yang lagi kita tunggu. Pihak pemerintah akan dimasukkan di dalam RUU APBN," ujar Ketua Banggar DPR Aziz Syamsuddin di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 22 Oktober 2018.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, program  dana kelurahan itu merupakan usulan pemerintah. Usulan itu dikemukakan demi pemerataan antara desa dan kelurahan.


"Sehingga dana desa itu dari Rp73 Triliun diefisiensikan kemudian Rp3 Triliunnya masuk ke sana, kelurahan. Tidak ada porsi penambahan, tetapi pengefisiensi posting," kata Aziz.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Banggar DPR Jazilul Fawaid. Menurut dia, banyak wali kota mengusulkan agar kelurahan juga didanai.

"Bahwa di kelurahan juga ada problem yang harus didanai," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana pemerintah yang akan segera mengeluarkan program dana kelurahan pada 2019. Mengutip keterangan Biro Pers Kepresidenan, kebijakan tersebut diterbitkan menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat kelurahan.

"Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk kota, akan ada yang namanya anggaran kelurahan. Banyak keluhan, Pak ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota. Ya sudah tahun depan dapat," tutur Presiden Jokowi di acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, Jumat, 19 Oktober 2018.

Kementerian Keuangan sendiri  menganggarkan Rp3 trilun untuk dana kelurahan di RAPBN 2019. Dana berasal dari pengalihan pos anggaran dana desa yang tadinya dianggarkan Rp73 triliun ke Dana Alokasi Umum (DAU).



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id