Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Persiapan Pemda Harus Matang Sebelum Menerapkan PSBB

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 07 April 2020 15:03
Jakarta: Pemerintah daerah (pemda) diminta memiliki kesiapan matang sebelum menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ada konsekuensi yang harus ditanggung dalam menerapkan kebijakan tersebut.
 
"Sekali lagi konsekuensinya harus ditanggung semuanya," tegas Ketua Komisi IX Felly Estelita Runtuwene kepada Medcom.id, Selasa, 7 April 2020.
 
Politikus Partai NasDem itu mengatakan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB, pemda wajib menanggung kebutuhan masyarakat, terutama pangan. Persiapan tersebut tentunya harus ditopang kesiapan anggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka harus tahu diri, tahu dengan keuangan mereka. Jadi kalau sampai mereka harus memperlakukan sesuatu ke daerahnya serahkan lah ke daerah-daerahnya tapi harus tahu konsekuensinya apa," kata dia.
 
Baca: WNI Sembuh dari Covid-19 di Luar Negeri Bertambah
 
Dia meminta pemerintah pusat berhati-hati memberikan izin penerapan PSBB yang diajukan oleh setiap pemda. Jangan sampai penerapan PSBB pada daerah yang tidak siap menimbulkan masalah baru.
 
"Dengan kelalaiannya akhirnya menjadi beban pemerintah pusat. Ini juga harus kita jaga juga dari daerah-daerah tertentu jangan sampai lalainya mereka menjadi beban pemerintah pusat," kata dia.
 
Pemerintah pusat juga harus membantu pemda yang tidak memiliki kesiapan menangani wabah korona. Pemerintah pusat tidak boleh lepas tangan.
 
"Itu harus menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Tidak ada kata lain pemerintah pusat harus turun tangan tidak bisa membiarkan seperti itu," ujar dia.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif