Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca Syurkani.
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca Syurkani.

Jokowi: Seluruh Anak Bangsa Berperan Memajukan Indonesia

Nasional Pidato Kenegaraan 2019
Damar Iradat • 16 Agustus 2019 10:40
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut visi Indonesia maju bukan hanya milik lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif . Semua pihak, kata dia, turut berpartisipasi dalam merealisasikan visi tersebut.
 
Keberhasilan Indonesia membutuhkan peran dari para pemimpin agama, budayawan, dan para pendidik. Karya pelaku usaha, buruh, pedagang, inovator, petani, nelayan, dan usaha kecil usaha mikro kecil menengah (UMKM).
 
"Serta karya seluruh anak bangsa Indonesia," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kecepatan dalam meraih cita-cita Indonesia membutuhkan peran bersama, termasuk peran dari partai politik. Ia menyebut peran partai politik itu juga bukan dari partai pendukung pemerintah, tetapi juga partai-partai di luar koalisi.
 
"Kecepatan kita dalam meraih cita-cita adalah peran besama. Peran PDIP, Golkar dan NasDem, PKB, dan PPP Perindo, PSI, dan Hanura, PBB, dan PKPI. Dan jangan lupa juga peran Gerindra, PKS, dan Demokrat, serta PAN, Partai Berkarya, dan Partai Garuda," ungkap dia.
 
Ia meyakini jika sepakat dengan satu visi Indonesia maju, bangsa ini mampu melakukan lompatan kemajuan untuk mendahului bangsa lain. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak semua pihak untuk optimistis dan tetap bekerja keras.
 
Hal ini diperlukan mengingat globalisasi meluas dan semakin dipermudah dengan revolusi industri 4.0. Menurut dia, hal ini menyebabkan persaingan semakin tajam dan perang dagang semakin memanas.
 
"Antarnegara berebut investasi, antarnegara berebut teknologi, berebut pasar, dan berebut orang-orang pintar. Antarnegara memperebutkan talenta-talenta hebat yang bisa membawa kemajuan bagi negaranya," ucap dia.
 
Baca: Hari Ini Jokowi Sampaikan Nota Keuangan dan RUU APBN 2020
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan agar pembangunan Indonesia harus dilakukan secara merata. Sebab, ia menilai, Indonesia bukan hanya Pulau Jawa.
 
"Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Karena itulah pembangunan yang kita lakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok nusantara," kata dia dengan tegas.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif