Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan). Foto: Ilham Pratama/Medcom.id
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan). Foto: Ilham Pratama/Medcom.id

PKB Tak Sepakat Ide Peleburan Kementerian

Nasional pkb kementerian lembaga
Ilham Pratama Putra • 02 Agustus 2019 16:01
Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tidak sepakat dengan ide PDI Perjuangan yang ingin Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan melebur. Sebab, kedua kementerian itu memiliki tugas yang berbeda.
 
"Kurang pas (ide meleburkan). Karena fokus perdagangan itu lebih ekspor impor. Sementara perindustrian dalam negeri," kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2019.
 
Menurut dia, pemerintah sebaiknya mulai memikirkan adanya kementerian baru bidang penanggulangan bencana. Karena persoalan bencana sudah harus mendapat perhatian khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya meningkatkan badan penanggulangan bencana menjadi kementerian. Kementerian penanggulangan bencana. Itu usulan kita. Kemendagri tetap sendiri jangan dicampur dengan Kementerian Desa," ujarnya.
 
Baca: Peleburan Kemenperin dan Kemendag Ciptakan Badan Baru
 
Sebelumnya, PDI Perjuangan akan mengusulkan peleburan sejumlah kementerian di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Usulan itu masih akan dibahas di internal partai. 
 
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pembahasan ini akan dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PDIP. Balitbang akan menyampaikan hasil kajiannya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang kemudian diteruskan ke Presiden terpilih Joko Widodo. 
 
"Nanti di dalam pertemuan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dan Pak Jokowi, beberapa hal yang sifatnya penting dan strategis akan disampaikan kepada beliau," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2019. 
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif