Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Foto:  Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Pertemuan PKS-Berkarya Tak Perlu Dicurigai

Nasional pks Partai Berkarya
Arga sumantri • 19 November 2019 14:18
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) menilai pertemuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya hal biasa. Pertemuan kedua partai politik itu tak perlu dicurigai.
 
"Tidak perlu ada kecurigaan atau ada hal-hal analisa yang terlalu berlebihan, jadi saya kira bagus pertemuan seperti itu," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 19 November 2019.
 
Yandri menilai tak ada yang spesial dalam pertemuam PKS dan Berkarya. Komunikasi lintas partai hal lumrah dalam dunia politik."Jadi antar satu partai dengan partai lain kemudian berdiskusi," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yandri tak sepakat bila pertemuan PKS-Berkarya disebut buat menguatkan oposisi. Sebab, sistem politik di Indonesia tak mengenal oposisi.
 
"Kalau partai di luar pemerintahan, iya." kata dia.
 
Yandri menegaskan politik Indonesia amat dinamis. Partai yang berada di dalam pemerintahan bukan berarti tak bisa satu perahu dalam agenda politik lain. Misalnya, bekerja sama di pemilihan kepala daerah atau di Parlemen.
 
"Kami PAN enggak bisa kita sama PDI Perjuangan, sama NasDem. Tapi kan kami masih bisa (bekerja sama), termasuk di pilkada," tutur dia.
 
Partai Berkarya bakal sowan ke PKS hari ini. Pertemuan disebut bakal membahas sejumlah hal. Misalnya, penguatan oposisi. Hal lain yang bakal dibahas yaitu kemungkinan berkoalisi di Pilkada Serentak 2020.
 
"Partai Berkarya memperoleh lebih dari 160 kursi yang tersebar di DPRD provinsi, kabupaten, dan kota. Ini modal dasar dan potensi yang kami syukuri sebagai partai pendatang baru," kata Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso saat dihubungi di Jakarta, Senin, 18 November 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif